Hai RateSpreneur!
Jika terdapat kendala pada pesanan Anda, baik produk barang maupun produk digital, RateS akan melakukan pengembalian kepada Anda (jika kendala order sudah dievaluasi dan pengembalian disetujui).
Saat ini RateS mempunyai 2 (dua) sistem pengembalian, yaitu pengembalian dana (refund) dan pengiriman kembali barang yang serupa (khusus untuk produk barang).
Artikel ini akan memberitahukan perihal informasi dan tips seputar pengembalian dana (refund) di RateS.
Cara Mengajukan Pengembalian Dana (Refund)
Terdapat langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan pengembalian berdasarkan jenis produk dan juga metode pembayaran:
- Produk Barang: Cara Mengajukan Pengembalian Dana & Penukaran Produk
- Produk Digital:
- Pembayaran Online: Cara Mengajukan Pengembalian Dana untuk Pembelian Produk Digital (Pembayaran Online)
- Pembayaran Dompet RateS: Jika order sudah berstatus gagal, maka saldo akan otomatis kembali ke Dompet RateS. Selengkapnya cek artikel Pengembalian Dana Untuk Pembayaran dengan Saldo Dompet RateS
Jenis Pengembalian Dana (Refund)
Terkhusus untuk pengembalian dana produk barang, terdapat 2 (dua) jenis pengembalian dana (refund) yang mungkin dapat Anda terima. Hal ini didasarkan dari hasil investigasi dan evaluasi tim terkait kami terhadap laporan pengajuan Anda:
- Pengembalian Dana (Refund) Penuh
- Pada jenis pengembalian dana ini Anda akan mendapatkan pengembalian dana penuh yang meliputi: harga pokok barang + keuntungan yang Anda tetapkan + ongkos kirim
- Pengembalian Dana (Refund) Partial
- Contoh kendala pesanan yang biasanya dikembalikan dalam bentuk Pengembalian Dana Partial:
- kerusakan barang sebagian
- jumlah (qty) barang yang dikirimkan kurang dari yang dipesan
- Perhitungan Pengembalian Dana Partial:
- Pengembalian ongkos kirim dihitung secara proporsional. Ongkos kirim tidak termasuk dalam pengembalian jika dibawah ketentuan berat minimum ekspedisi SiCepat dan JNE. *Berat minumum JTR dan Sicepat Gokil adalah 10 kg
- Ketentuan untuk pengembalian dana kerusakan barang sebagian ditentukan berdasarkan hasil evaluasi tim terkait kami terhadap laporan pengajuan Anda
- Contoh kendala pesanan yang biasanya dikembalikan dalam bentuk Pengembalian Dana Partial:
Estimasi Pengembalian Dana (Refund)
- Produk Barang:
- Pembayaran Online: 2-3 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional) dan ditransfer ke rekening bank
- COD: menunggu rekonsiliasi dari pihak eskepdisi 14 Hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional) dan ditransfer ke rekening bank
- Dompet RateS: 2-3 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional) dan dikembalikan ke Dompet RateS
- Produk Digital:
- Pembayaran Online: 2-3 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional) dan ditransfer ke rekening bank setelah status pesanan berubah menjadi gagal
- Dompet RateS: dan dikembalikan ke Dompet RateS secara otomatis setelah status pesanan berubah menjadi gagal
Tips Bagi Anda yang Mengajukan Pengembalian Dana dan/atau Penukaran Produk
Bagi Anda yang tengah mengajukan pengembalian dana dan/atau penukaran produk kami sarankan untuk selalu cek secara berkala email laporan yang dikirimkan oleh tim Customer Support RateS, ya.
Tim Customer Support RateS akan memberikan update perkembangan laporan Anda termasuk informasi pengembalian dana dan/atau penukaran produk melalui email Anda yang terdaftar di aplikasi RateS.
Pastikan Anda sudah memverifikasi email Anda di aplikasi RateS. Jika belum ikuti panduan di artikel Cara Mengubah Alamat Email dan Melakukan Verifikasi Akun.
Cek email laporan secara berkala sangat penting agar Anda dapat mengetahui update perkembangan laporan dan juga segera mengatahui langkah-langkah yang harus dilakukan seperti: mengirimkan kekurangan dokumen pendukung laporan, meretur barang yang terkendala kepada kami, dan memberikan informasi nomor rekening Anda untuk proses pengembalian dana (jika sebelumnya belum menginformasikan).
Cara Melihat Status Pengembalian Dana (Refund)
Pelajari artikel Bagaimana Saya Tahu Jika Pengembalian Dana Telah Dilakukan? untuk mengetahui status pengembalian dana Anda.
Jualan Bersama, Tumbuh Bersama dan Menghasilkan Bersama!
Hubungi Customer Support?
Untuk mengetahui lebih banyak tentang cara menggunakan RateS, silahkan baca artikel - artikel lainnya dengan meng-klik link yang ada di bawah halaman ini